Laman

Kamis, 24 November 2011

Kota Tahu: 4 Alasan Pelanggan Tidak Mengajukan Keluhan

Kota Tahu: 4 Alasan Pelanggan Tidak Mengajukan Keluhan: Pernahkah Sobat Kota Tahu menganalisa, kenapa produk/jasa saya tidak dikomplen pelanggan ? Ada dua jawaban yang akan muncul, pertama produk...

Rabu, 23 November 2011

4 Alasan Pelanggan Tidak Mengajukan Keluhan

Pernahkah Sobat Kota Tahu menganalisa, kenapa produk/jasa saya tidak dikomplen pelanggan ? Ada dua jawaban yang akan muncul, pertama produk/jasa anda tidak dikomplen karena pelanggan puas. Kedua, pelanggan tidak mengajukan keluhan/komplen karena beberapa alasan, berikut ini akan saya paparkan ada 4 alasan pelanggan tidak mengajukan keluhan.

Ada 4 alasan yang sering menjadi alasan pelanggan enggan menyatakan keluhannya.

Alasan pertama, masalah yang dihadapi relatif tidak penting dan bisa diatasi sendiri. Bagi pelanggan, waktu untuk komplain atau biaya yang harus dikeluarkan dengan melakukan komplain, tidak sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh. Oleh karena itu, mereka lebih memilih diam atau berusaha untuk mengatasi sendiri problemnya. Tentunya, pelanggan seperti ini, akan merasa tidak puas dan tingkat loyalitasnya relatif rendah.

Alasan kedua adalah karena mereka yakin bahwa perusahaan tidak akan melakukan tindakan apapun atas komplain mereka. Jadi, daripada tambah jengkel, mereka lebih memilih diam. Sangat besar kemungkinan pelanggan seperti ini akan pindah ke perusahaan lain. Saya dan kemungkinan sebagian besar dari tetangga saya, tidak akan puas dengan pelayanan PAM. Kualitas airnya sungguh buruk. Rasanya, tidak ada yang komplain langsung ke perusahaan ini, karena yakin bahwa mereka tidak akan melakukan tindakan apapun.

Alasan ketiga adalah mereka tidak tahu cara untuk menyatakan komplain mereka. Ingin menelpon, tidak tahu nomornya. Ingin mengunjungi kantornya, tidak tahu dimana lokasinya. Alasan ketiga adalah pelanggan tersebut, tidak tahu harus komplain kepada siapa. Apakah kepada manager atau front-line? Apakah pada departemen pelayanan atau pemasaran? Ini adalah alasan keempat yang membuat pelanggan memilih untuk tidak komplain.

Alasan keempat yang dinyatakan pelanggan yang tidak komplain adalah mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa perusahaan atau jasa pihak ketiga untuk menyelesaikan masalah. Bulan lalu, saya membeli sebuah handphone yang mereknya sudah dikenal. Ternyata, mengalami kerusakan setelah satu minggu. Daripada komplain ke bagian customer service dengan prosedur yang cukup rumit, saya putuskan untuk pergi saja ke toko yang memberikan pelayanan perbaikan.

Setelah pelanggan komplain, ada tiga kemungkinan yang terjadi sehubungan dengan tingkat kepuasan mereka. Pelanggan merasa puas karena ada tindakan penyelesaian atas komplain mereka atau pelanggan tetap tidak puas atau kemungkinan ketiga, pelanggan tambah jengkel karena buruknya penanganan komplain.

Dalam penyelesaian komplain, ada dua kata kunci yang membuat pelanggan akan puas. Pertama adalah kecepatan penanganan atas komplain dan penyelesaian komplain. Perusahaan–perusahaan yang tidak sadar akan pentingya service recovery atau yang tidak memiliki strategi penanganan komplain, cenderung akan bertindak lambat dan reaktif. Setelah itu, penyelesaian atas komplain juga lambat pula. Pelanggan semakin tidak puas lagi, apabila komplain yang mereka ajukan tidak tuntas penyelesaiannya.

Sumber : marketing.co.id

Selasa, 22 November 2011

6 Keuntungan Listrik Prabayar

Sahabat Kota Tahu saat ini listrik prabayar ada dan gratis untuk migrasi ke listrik prabayar. Adapun keuntungan menggunakan listrik prabayar sebagai berikut :

1. Pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik.
Melalui meter elektronik prabayar pelanggan dapat memantau pemakaian listrik sehari-hari dan setiap saat. Di meter tersebut tertera angka sisa pemakaian kWh terakhir. Bila dirasa boros, pelanggan dapat mengerem pemakaian listriknya.

2.Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja.
Dengan nilai voucher bervariasi mulai Rp 20.000,0 s.d. Rp 1.000.000,- memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam membeli listrik sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan (lebih terkontrol dalam mengatur anggaran belanja keluarga).

3.Tidak akan terkena biaya keterlambatan
Tidak ada lagi biaya tambahan bayar listrik dikarenakan terbebani biaya keterlambatan akibat lupa bayar tagihan listrik.

4.Privasi lebih terjaga
Untuk pelanggan yang menginginkan kenyamanan lebih, dengan menggunakan Listrik Prabayar tidak perlu menunggu dan membukakan pintu untuk petugas pencatatan meter karena meter prabayar secara otomatis mencatat pemakaian listrik anda (akurat dan tidak ada kesalahan pencatatan meter).

5.Jaringan luas pembelian listrik isi ulang
Saat ini pembelian voucher listrik prabayar sudah bisa didapatkan di lebih dari 30.000 ATM di seluruh Indonesia. Selain itu bisa juga didapatkan di loket pembayaran listrik online.

6.Tepat digunakan bagi Anda yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa (kos).
Sebagai pemilik rumah atau kamar sewa, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan tagihan listrik yang tidak dibayar oleh penghuni rumah kontrakan karena pemakaian listrik sudah menjadi tanggung jawab dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan penyewa.

Anda yang ingin migrasi ke PLN Prabayar bias langsung menghubungi Kantor PLN terdekat di kota Anda.


Senin, 21 November 2011

Tips Agar Si Kecil Mau Tidur Siang

Saat si kecil semakin aktif, ia membutuhkan istirahat yang cukup untuk keseimbangan pertumbuhannya. Tidur adalah hal yang sangat penting untuk perkembangan otak, karena saat tidur pertumbuhan otak balita mencapai puncaknya. Tapi, meminta si kecil untuk tidur siang bukanlah hal yang mudah.

Tips Agar Si Kecil Mau Tidur Siang

Saat si kecil tidur siang, otot, kulit, sistem jantung, pembuluh darah dan metabolisme tubuh serta tulang mengalami pertumbuhan pesat. Tubuh balita juga memproduksi hormon pertumbuhan lebih banyak dibandingkan ketika dia terbangun.

Tidur siang termasuk golongan tidur aktif, saat tidur siang si kecil cenderung menggerakan matanya saat bermimpi (REM: Rapid Eye Movement) dan metabolisme otak berlangsung sangat efektif. Dampaknya, sangat baik untuk korteks otak, terutama untuk meningkatkan kemampuan belajar dan mengembangkan intelektual. Berikut tips yang dapat membantu si kecil lebih mudah untuk tidur siang:

1. Coba ajak anak beraktivitas di luar ruangan setiap hari.
Lakukan di pagi hari dan berikan makanan hangat begitu
sampai rumah, ia pun siap untuk tidur.
2. Berikan suasana yang nyaman dan tenang.
3. Tidak memaksanya makan terlalu banyak sebelum tidur,
karena bisa menghilangkan rasa mengantuk akibat sistem
pencernaan bekerja keras mengolah bahan makanan.
4. Ajak ia berjalan-jalan menggunakan stroller-nya
5. Tidak ada salahnya anak pergi tidur siang sebelum makan,
karena setelah bangun tidur, biasanya ia justru akan merasa lapar.
6. Jika si kecil tidak mau tidur juga, itu artinya dia
memang tidak perlu tidur.
Bacakan buku cerita untuknya agar dia dan Anda bisa
beristirahat sejenak.

Selasa, 08 November 2011

Safety Riding - Panduan Keselamatan Berkendara I

safety riding.jpegSebelum berkendara


1a. Pemanasan Tubuh


Pastikan tubuh dan pikiran dalam keadaan sehat dan siap untuk berkendara dengan melakukan pemanasan tubuh.


1b. Perlengkapan Berkendara


Helm : Gunakan helm, sebagai pelindung kepala dan kaitkan tali pengikat dengan benar agar helm tidak terlepas saat terjatuh.


Pakaian : Gunakan jaket lengan panjang dan celana panjang sebagai pelindung tubuh dari kondisi cuaca dan kemungkinan cedera saat terjatuh. Pilih jaket lengan panjang dan celana panjang yang sesuai ukuran dan nyaman digunakan.


Sarung Tangan : gunakan sarung tangan sebagai pelindung dari kondisi cuaca, kemungkinan cedera saat terjatuh, dan membuat genggaman tetap mantap/tidak licin saat berkendara. Pilih sarung tangan yang sesuai ukuran dan nyaman digunakan.


Sepatu : gunakan sepatu sebagai pelindung kaki. Dianjurkan menggunakan sepatu yang melindungi mata kaki.

Jumat, 04 November 2011

Susahnya Menjadi Marketing

Selama ini kita mungkin tidak sempat berpikir, jika profesi marketing dan sales itu memiliki peran yang sangat penting. Bahkan orang tua kita sedari kecil tidak pernah memberitahu apa itu marketing. Nak, kalo sudah besar pengen jadi apa? Pengen jadi dokter, tentara, polisi, insinyur, guru, dll. Dari sekian banyak profesi tidak pernah diarahkan ke marketing atau sales. Fenomena ini berkembang hingga kita dewasa, mencari pekerjaan susah dan yang terbuka lebar adalah marketing dan sales.

Menarik sekali untuk membahas ini, di sebuah milis marketing muncul posting dari seorang audience sebagai berikut :
Dear Senior Member,

Ternyata jadi marketing susah ya !!!
Saya orang teknik, dan sekarang baru mulai bisnis..

wah ternyata jadi marketing susah juga

Ada trik2 yg ampuh nda yah pak ?
Thanks


Pertanyaan dari audience ini merupakan masalah yang sering kita jumpai. Mungkin bagi anda yang tidak pandai menjual ini akan menjadi masalah seperti halnya audience diatas. Tapi bagi seorang penjual ulung bukan hambatan lagi. Marketing adalah kegiatan menjual nilai lebih sehingga terjadi pembelian yang berulang, intinya menghasilkan duit hehehe...

Tips menjadi marketing untuk membuka usaha :

1. Mau belajar dari yang terbaik
Belajar marketing dari yang terbaik dibidangnya. Anda bisa belajar dengan orang yang anda kenal yang memiliki pengalaman penjualan, atau belajar dari CD atau buku-buku marketing yang terbaik. Kemudian praktekan dan evaluasi.
2. Tidak malu
Hilangkan perasaan malu pada diri anda, atau runtuhkan mental blok malu anda yang menghambat dalam melakukan penjualan. Untuk menghilangkannya Anda bisa menggunakan jurus guncang bumi, yaitu berdiri tegap, tarik nafas perlahan dari hidung dan keluarkan pelan-pelan melalui mulut. kemudian kepalkan tangan anda diatas kepala dan locat-loncatlah sambil berteriak Go..Go..Go...Go...! lakukanlah secara rutin.
3. Motivasi diri
Memotivasi diri sendiri untuk terus bersemangat melakukan kegiatan marketing sampai terjadi penjualan yang berkelanjutan.
4. Bekerja keras
Bekerja keras dan pantang menyerah menghadapai semua tantangan yang sedang kita hadapi dengan usaha dan berdoa


Tips ini jauh dari sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Marketing yang sukses tidak bisa instant. Didunia bisnis ujung tombak perusahaan adalah marketing dan sales. Anda harus mencintai dan bangga terhadap pekerjaan Anda, walopun tidak sesuai cita-cita ataupun background akademis tidak masalah. Yang penting bisa menjual dan menghasilkan uang tentunya dengan cara HALAL. Berikut ini ada sedikit lirik lagu mungkin bisa menghibur hati :-).

Disini senang...
Disana senang...
dimana-mana hatiku senang....

Disini sales...
Disana marketing...
dimana-mana sales marketing...


:-) Salam Senyum dan Semangat
 

Kota Tahu © 2008 using D'Bluez Theme Designed by Ipiet Based on FREEmium theme