Laman

Jumat, 04 November 2011

Susahnya Menjadi Marketing

Selama ini kita mungkin tidak sempat berpikir, jika profesi marketing dan sales itu memiliki peran yang sangat penting. Bahkan orang tua kita sedari kecil tidak pernah memberitahu apa itu marketing. Nak, kalo sudah besar pengen jadi apa? Pengen jadi dokter, tentara, polisi, insinyur, guru, dll. Dari sekian banyak profesi tidak pernah diarahkan ke marketing atau sales. Fenomena ini berkembang hingga kita dewasa, mencari pekerjaan susah dan yang terbuka lebar adalah marketing dan sales.

Menarik sekali untuk membahas ini, di sebuah milis marketing muncul posting dari seorang audience sebagai berikut :
Dear Senior Member,

Ternyata jadi marketing susah ya !!!
Saya orang teknik, dan sekarang baru mulai bisnis..

wah ternyata jadi marketing susah juga

Ada trik2 yg ampuh nda yah pak ?
Thanks


Pertanyaan dari audience ini merupakan masalah yang sering kita jumpai. Mungkin bagi anda yang tidak pandai menjual ini akan menjadi masalah seperti halnya audience diatas. Tapi bagi seorang penjual ulung bukan hambatan lagi. Marketing adalah kegiatan menjual nilai lebih sehingga terjadi pembelian yang berulang, intinya menghasilkan duit hehehe...

Tips menjadi marketing untuk membuka usaha :

1. Mau belajar dari yang terbaik
Belajar marketing dari yang terbaik dibidangnya. Anda bisa belajar dengan orang yang anda kenal yang memiliki pengalaman penjualan, atau belajar dari CD atau buku-buku marketing yang terbaik. Kemudian praktekan dan evaluasi.
2. Tidak malu
Hilangkan perasaan malu pada diri anda, atau runtuhkan mental blok malu anda yang menghambat dalam melakukan penjualan. Untuk menghilangkannya Anda bisa menggunakan jurus guncang bumi, yaitu berdiri tegap, tarik nafas perlahan dari hidung dan keluarkan pelan-pelan melalui mulut. kemudian kepalkan tangan anda diatas kepala dan locat-loncatlah sambil berteriak Go..Go..Go...Go...! lakukanlah secara rutin.
3. Motivasi diri
Memotivasi diri sendiri untuk terus bersemangat melakukan kegiatan marketing sampai terjadi penjualan yang berkelanjutan.
4. Bekerja keras
Bekerja keras dan pantang menyerah menghadapai semua tantangan yang sedang kita hadapi dengan usaha dan berdoa


Tips ini jauh dari sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Marketing yang sukses tidak bisa instant. Didunia bisnis ujung tombak perusahaan adalah marketing dan sales. Anda harus mencintai dan bangga terhadap pekerjaan Anda, walopun tidak sesuai cita-cita ataupun background akademis tidak masalah. Yang penting bisa menjual dan menghasilkan uang tentunya dengan cara HALAL. Berikut ini ada sedikit lirik lagu mungkin bisa menghibur hati :-).

Disini senang...
Disana senang...
dimana-mana hatiku senang....

Disini sales...
Disana marketing...
dimana-mana sales marketing...


:-) Salam Senyum dan Semangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Kota Tahu © 2008 using D'Bluez Theme Designed by Ipiet Based on FREEmium theme